ABSTRAK
Perkembangan
dunia teknologi informasi yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar
biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Perputaran informasi dengan sarana
kecanggihan teknologi sudah tidak dapat terbendung lagi. Sesuatu yang erat
kaitannya dengan teknologi informasi adalah bidang enteurpreneur. Hal ini
mendorong adanya peluang-peluang bisnis/usaha baru yang semakin mudah untuk
dikembangkan dengan adanya teknologi informasi. Semakin mudahnya akses
informasi adalah modal yang sangat tepat untuk meledakkan suatu bisnis
tertentu. Disini penulis akan memaparkan sedikit gambaran tentang poin-poin apa
saja yang dapat mempengaruhi lingkungan bisnis dan peluang bisnis dapat kita
temukan dari teknologi informasi, terutama dari internet.
Pierre
Omidyar, pemilik eBay perusahaan lelang terbaik di Internet pada tahun 2002
versi majalah Yahoo. Dia memulai bisnisnya dengan gelar ilmu komputernya. Ian
tertarik dalam pengembangan teknologi yang berbeda untuk produk konsumen dan ia
mencintai ide yang dapat mengambil konsep dengan segala cara melalui penyerahan
produk kepada konsumen, memperlihatkan reaksi mereka dan kemudian
memodifikasinya. Internet memberikan kita tempat untuk mengerjakan itu, karena
kita dapat mempublikasikan perangkat lunak secara cepat, dan memperoleh reaksi
dari konsumen secara cepat juga. Jadi Internet merupakan ladang bisnis yang
paling diincar pada era sekarang.
ISI
Faktor Lingkungan Yang mempengaruhi Suatu Bisnis
·
Lingkungan Bahasa
Menurut
Prof. Dr. Siti Chamamah, sebagai seorang bisnisman wajib hukumnya
menguasai bahasa. Peran bahasa dalam bisnis adalah bicara/menyampaikan serta
menawarkan produk apa yang kita jual. Banyak orang-orang yang sukses berburu
laba yaitu hanya dengan modal pandai menyusun kata kata. Bahasa tidak hanya
bahasa yang diucapkan dengan mulut saja, akan tetapi seorang pebisnis dalam
berbicara juga sangat perlu menguasai gerak tubuh, postur, ekspresi wajah,
penampilan, kontak mata, modulasi suara, dan ruang dan jarak. Bahasa dalam
lingkungan bisnis memiliki pengaruh positif untuk kelancaran dan kesuksesan
dalam berbisnis. Bahasa adalah sarana komunikasi paling efektif untuk berbagai
bidang kehidupan. Ada pepatah mengatakan bahwa “Berburu laba bermodal kata”.
Bahasa yang menarik menjadi senjata yang mematikan untuk menarik simpati.
·
Lingkungan Ekologi
Menurut Prof Dr HR Wasito, bahwa suatu bisnis juga
dipengaruhi oleh lingkunga Ekologi di suatu Negara. Suatu Ekologi yang sehat
maka akan membawa bisnis ke arah yang sehat dan berkesinambungan. Lingkungan
ekologi terbagi menjadi dua, yaitu lingkungan Ekologi yang disebabkan oleh
bencana alam dan lingkungan Ekologi yang disebabkan oleh Ulah manusia. Terjadinya
kerusakan dalam lingkungan ekologi akan menyebabkan proses perdagangan
terganggu. Isu tentang Antrax misalnya, hal ini dapat menyebabkan proses
distribusi daging sapi akan macet karena pembeli enggan makan daging yang
diduga mengandung virus tersebut.
·
Lingkungan ekonomi
Lingkungan ekonomi adalah factor-faktor yang
mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen. Suatu bangsa mempunyai
tingkat dan distribusi pendapatan yang sangat beragam. Sejumlah negara
mempunyai ekonomi subsisten-negara mengkonsumsi hasil pertanian dan industrinya
sendiri. Negara-negara menawarkan peluang pasar yang kecil. Ekonomi industri
menawarkan pasar yang kaya untuk berbagai jenis barang yang berbeda. Sorang
pengusaha juga harus jeli meneliti ancaman ataupun peluang yang di timbulkan
oleh lingkungan ekonomi.
·
Lingkungan Teknologi
Perkembangan dari lingkungan ekonomi juga harus
diantisipasi oleh seorang pengusaha ataupun perintis bisnis. Perubahan
teknologi yang semakin cepat dan ledakan informasi yang luar biasa melahirkan
peluang-peluang bisnis baru yang dapat dijadikan sebuah perusahaan untuk
memperlebar sayapnya.
·
Lingkungan Sosial Budaya
lingkungan sosial meliputi struktur golongan yang
ada dalam masyarakat yang dapat mempengaruhi perkembangan perusahaan. Sedangkan
budaya menyangkut latar belakang nilai, keyakinan dan persepsi masyarakat yang
terbentuk lewat sejarah kehidupan masyarakat itu sendiri. Menurut Prof. Suyanto
lingkungan Sosial budaya adalah sumber dari bisnis itu sendiri, tergantung dari
seberapa jeli kita menangkap peluang yang ada di sekitar kita.
·
Lingkungan Hukum
Hukum juga memiliki keterkaitan dengan lingkungan
bisnis. Peran hukum dalam kegiatan bisinis maupun masyarakat antara lain;
mengatur masyarakat untuk mencapai kehidupan ideal yang ditetapkan. Hukum
bersifat kebolehan, keharusan, dan larangan. Kebolehan mengandung arti bahwa
setiap orang boleh melakukan suatu perbuatan hukum. Melanggar etika akan
mendapatkan sanksi moral. Keharusan mengandung arti bahwa setiap orang wajib
mentaati peraturan hukum. Sementara larangan artinya tidak boleh melakukan
suatu perbuatan yang melanggar peraturan hukum. Melanggar aturan hokum mendapat
sanksi hukum. Kedudukan hukum dalam kegiatan bisnis adalah sangat diperlukan,
karena pemilik usaha dan semua yang berhubungan dengan usahanya berhak
mendapatkan jaminan dari hukum. Pebisnis wajib mengetahui hak dan kewajibannya.
Pebisnis atau perusahaan yang melanggar hukum perdata akan menyebabkan pelaku
atau perusahaan digugat. Melanggar hukum administrasi perusahaan atau pelaku
harus melakukan ganti rugi. Kalau tidak, maka perusahaan akan terancam dicabut
ijinnya.
·
Lingkungan Pendidikan
Semua orang yang sukses adalah orang yang
berpendidikan. Lho kan banyak juga pengusaha-pengusaha yang sukses dengan
usahanya tanpa mengenyam bangku sekolah? Iya benar, akan tetapi mereka juga
tetap selalu belajar, mereka belajar melalui pengalaman. Learning by doing.
Mereka sukses karena mereka selalu memiliki senjata yang, ampuh yaitu kegagalan.
Dengan kegagalan maka seseorang akan mengetahui bagaimana cara memperbaiki
segalanya menjadi lebih baik. Dan suatu saat dia bisa mendekati kesuksesan yang
dia impi-impikan.
REFERENSI
M. Suyanto, 2004, Smart In
Entrepreneur Belajar Dari Kesuksesan Pengusaha Top Dunia, Andi Yogyakarta.
Kuliah Lingkungan Bisnis.
Sumber gambar : http://wallpapersblog.org