VIVAnews - Gartner baru saja merilis laporan triwulan untuk penjualan ponsel pintar dalam lingkup global. Seolah mempertebal hasil temuan IDC bulan lalu, Samsung dan Apple semakin mendominasi pasar, dengan pangsa pasar lebih dari 52 persen jika digabungkan.
Pada triwulan akhir tahun 2012, vendor asal Korea Selatan Samsung mempertahankan posisi puncak dengan penjualan sebesar 64,5 juta unit, naik 85,3 persen dibandingkan triwulan tahun 2011.
Sementara Apple terus membayang-bayangi di posisi kedua. Pada triwulan yang sama, perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini membukukan penjualan 43,5 juta unit, naik 22,6 persen dari tahun sebelumnya.
TheVerge melansir, 14 Februari 2013, duopoli ini berjalan selaras dengan posisi sistem operasi (OS), di mana OS Android dan iOS juga masih menguasai pasar.
Dilaporkan penjualan perangkat yang menggunakan OS Android per bulan Desember tahun lalu mencapai 145 juta unit di dunia, di mana Samsung mengambil porsi terbesar, 42,5 persen.
Secara umum, OS besutan Google ini menutup tahun 2012 dengan menguasai 69,7 persen pasar ponsel pintar global, atau naik 51,3 persen dari tahun sebelumnya.
Sementara nasib Apple iOS tidak semujur Android. Pangsa pasarnya justru merosot 2,7 persen menjadi 20,9 persen. Selisihnya dengan Android masih cukup jauh, sekitar 48,8 persen.
Hal menarik justru ada di perseteruan merebut posisi ketiga. Ada BlackBerry dan Windows yang masing-masing mempunyai senjata baru, OS BlackBerry10 dan Windows Phone.
Huawei cukup mengejutkan setelah melesat ke posisi tiga pada akhir tahun lalu, dengan catatan produsen China mengapalkan lebih dari 27 juta unit ponsel sepanjang tahun 2012, naik drastis 73,8 persen dari tahun 2011.
"Belum ada produsen yang secara tegas bisa mengklaim posisi ketiga dalam arena ponsel pintar global," kata Anshul Gupta, analis senior Gartner.
"Keberhasilan Apple dan Samsung didasarkan pada kekuatan merek mereka dan jumlah lini produk yang dimiliki. Vendor lain harus berjuang mati-matian untuk mencapai apresiasi merek yang sama di pasar," jelas dia.
Pada pasar sistem operasi, menurut temuan Gartner, BlackBerry masih bertahan di posisi ketiga dengan 3,5 persen. Kehadiran BlackBerry10 mungkin akan sedikit mendongkrak posisinya, namun membutuhkan waktu yang lama untuk mengimbangi Apple iOS di posisi kedua. (eh)
Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id
Pada triwulan akhir tahun 2012, vendor asal Korea Selatan Samsung mempertahankan posisi puncak dengan penjualan sebesar 64,5 juta unit, naik 85,3 persen dibandingkan triwulan tahun 2011.
Sementara Apple terus membayang-bayangi di posisi kedua. Pada triwulan yang sama, perusahaan yang didirikan Steve Jobs ini membukukan penjualan 43,5 juta unit, naik 22,6 persen dari tahun sebelumnya.
TheVerge melansir, 14 Februari 2013, duopoli ini berjalan selaras dengan posisi sistem operasi (OS), di mana OS Android dan iOS juga masih menguasai pasar.
Dilaporkan penjualan perangkat yang menggunakan OS Android per bulan Desember tahun lalu mencapai 145 juta unit di dunia, di mana Samsung mengambil porsi terbesar, 42,5 persen.
Secara umum, OS besutan Google ini menutup tahun 2012 dengan menguasai 69,7 persen pasar ponsel pintar global, atau naik 51,3 persen dari tahun sebelumnya.
Sementara nasib Apple iOS tidak semujur Android. Pangsa pasarnya justru merosot 2,7 persen menjadi 20,9 persen. Selisihnya dengan Android masih cukup jauh, sekitar 48,8 persen.
Hal menarik justru ada di perseteruan merebut posisi ketiga. Ada BlackBerry dan Windows yang masing-masing mempunyai senjata baru, OS BlackBerry10 dan Windows Phone.
Huawei cukup mengejutkan setelah melesat ke posisi tiga pada akhir tahun lalu, dengan catatan produsen China mengapalkan lebih dari 27 juta unit ponsel sepanjang tahun 2012, naik drastis 73,8 persen dari tahun 2011.
"Belum ada produsen yang secara tegas bisa mengklaim posisi ketiga dalam arena ponsel pintar global," kata Anshul Gupta, analis senior Gartner.
"Keberhasilan Apple dan Samsung didasarkan pada kekuatan merek mereka dan jumlah lini produk yang dimiliki. Vendor lain harus berjuang mati-matian untuk mencapai apresiasi merek yang sama di pasar," jelas dia.
Pada pasar sistem operasi, menurut temuan Gartner, BlackBerry masih bertahan di posisi ketiga dengan 3,5 persen. Kehadiran BlackBerry10 mungkin akan sedikit mendongkrak posisinya, namun membutuhkan waktu yang lama untuk mengimbangi Apple iOS di posisi kedua. (eh)
